Pendidikan administrasi kesehatan harus menghasilkan kualitas lulusan yang tidak hanya memiliki kemampuan teoritis, namun juga kompetensi praktis yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran dan efektivitas SIMRS dalam mendukung pembelajaran praktis manajemen pelayanan kesehatan. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Responden sebanyak 35 mahasiswa dengan teknik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik responden yang diteliti mayoritas berjenis kelamin perempuan dengan persentase 88,6%. Sebagian besar responden (48,6) sangat setuju bahwa pembelajaran berbasis SIMRS relevan dengan pembelajaran manajemen pelayanan kesehatan , 45,7% responden setuju bahwa pembelajaran berbasis SIMRS efektif dalam meningkatkan pemahaman terkait manajemen pelayanan kesehatan dan Sebagian besar responden (42,9) sangat setuju bahwa pembelajaran berbasis SIMRS relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran berbasis SIMRS memberikan manfaat nyata dalam pengaplikasian teori ke praktik, efektif dalam meingkatkan pemahaman terkait manajemen pelayanan kesehatan, dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja.
Copyrights © 2024