Kemajuan teknologi digital berkembang semakin pesat, maka pelaku UMKM harus mampu memaksimalkan manfaat perkembangan digital. Tren pemasaran di dunia beralih dari yang semula konvensional (offline) menjadi digital (online). Digital marketing ini lebih prospektif karena memungkinkan para calon pelanggan potensial untuk memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet. Di era digitalisasi saat ini para pelaku bisnis harus siap bersaing dengan meningkatkan hard skill dan kemampuan dalam pelayanan operasional. Salah satu media digital marketing yang sekarang banyak digunakan adalah YouTube. Youtube adalah media untuk berbagi informasi, hiburan, dan promosi produk yang memberikan kemudahan tersendiri bagi konsumen karena disajikan dalam bentuk video yang interaktif. Desa Lambaro yang terletak di Kabupaten Aceh Besar merupakan kawasan yang strategis dalam pusat perdagangan. Namun banyak pelaku UMKM di kecamatan Ingin Jaya yang belum memanfaatkan peluang dari perkembangan teknologi informasi dalam memasarkan produknya. Tujuan pengabdian untuk mengatasi permasalahan yang ada sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Metode pelaksanaan dilakukan secara tatap muka (luring) dengan metode ceramah di salah satu rumah produksi (home industries) pelaku UMKM. Kesimpulan dapat menambah khasanah keilmuan bagi para pelaku UMKM. Sehingga meningkatkan pengetahuan bagi pelaku usaha terhadap pemanfaatan teknologi dan hard skill.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025