Seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya pemanfaatanmedia sosial dalam aktivitas sehari-hari, Instagram telah menjadi salah satu platformutama yang digunakan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salahsatunya adalah UMKM Dimsum Prasmanan yang berlokasi di Tambun Selatan.Akan tetapi, dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan konvensional.Untuk itu, UMKM ini perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya strategipemasaran menggunakan Instagram. Laporan ini bertujuan untuk menganalisispenerapan strategi pemasaran melalui Instagram pada UMKM Dimsum Prasmanan,dengan fokus pada pembuatan konten dan interaksi dengan pelanggan, sesuaidengan logbook yang digunakan dan dikemukakan permasalahannya. Metodepenelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan observasi terhadap beberapaakun UMKM yang sukses di Instagram serta melakukan wawancara dengan pemilikusaha untuk mendapat informasi terkait UMKM. Hasil ini menunjukkan bahwapemanfaatan Instagram dengan konten visual yang menarik serta interaksi aktifmampu meningkatkan brand awareness. Laporan ini merekomendasikan UMKMuntuk terus beradaptasi dengan tren pemasaran digital dan meningkatkanengagement dengan pelanggan untuk mencapai keberhasilan yang lebih besar diplatform ini. Dengan penerapan strategi pemasaran yang terstruktur dan inovatif,UMKM Dimsum Prasmanan dapat memanfaatkan media sosial secara maksimaluntuk mendukung pertumbuhan bisnisnya.
Copyrights © 2025