Dedikasi : Jurnal Pengabdian Lentera
Vol. 1 No. 09 (2024): Oktober 2024

Inovasi Digital untuk UMKM Batik Enyra dalam Meningkatkan Efisiensi dan Pengenalan Produk Batik Bekasi di Indonesia

Farhan, Muhammad (Unknown)
Wijaya, Satrio Pratama (Unknown)
Setyowati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk melihat penggunaan inovasi digital oleh UMKM Batik Enyra untuk mengoptimalkan kegiatan operasional mereka serta mempromosikan produk Batik Bekasi ke pasar yang lebih luas. Dengan menggunakan metode campuran antara penelitian kualitatif, penelitian ini melakukan observasi dan wawancara dengan pemilik UMKM dan konsumen untuk memeriksa dampak teknologi digital terhadap pemasaran dan penjualan. Temuan menunjukkan bahwa ketersediaan dan penggunaan e-commerce, media sosial, dan situs web perusahaan, telah memperluas cakrawala pasar potensial dan meningkatkan kesadaran produk. Pemasaran digital tidak hanya memungkinkan Batik Enyra untuk menjual kepada pelanggan di beberapa wilayah di Indonesia, tetapi juga membantu dalam pengembangan kapasitas dan peningkatan pengetahuan dalam berbagai teknik promosi. Selain itu, upaya pemasaran yang konsisten melalui saluran media sosial telah berhasil membantu bisnis ini menarik pelanggan baru. Studi ini akan berkontribusi pada pengetahuan dengan memberikan wawasan tentang bagaimana UMKM lain dapat menggunakan teknologi untuk memasarkan produk mereka sendiri dan melestarikan tradisi batik di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DJPL

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences Other

Description

Dedikasi: Jurnal Pengabdian Lentera diterbitkan oleh Lentera Ilmu Nusantara. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Lentera mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat dari berbagai macam disiplin ilmu yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. ...