GEMA EKONOMI
Vol 11 No 1 (2022): GEMA EKONOMI

Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Memperkuat Orientasi Kewirausahaan Dan Customer Relationship Management Terhadap Kinerja Umkm Di Surakarta

Sudalyo, Ramadhian Agus Triono (Unknown)
Prasetyaningrum, Nurita Elfani (Unknown)
Kusanti, Jani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganaisis pengaruh pemanfaatan teknologi e-commerce sebagai variabel pemoderasi dalam memperkuat pengaruh orientasi kewirausahaan dan Customer Relationship Management terhadap kinerja UMKM di Surakarta. Penelitian ini menggunakan sampel 127 UMKM di Surakarta yang telah memanfaatkan e-commerce. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Surakarta. (2) Customer Relationship Management berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Surakarta. (3) Pemanfaatan teknologi e-commerce terbukti sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat pengaruh orientasi kewirausahaan dan customer relationship management terhadap kinerja UMKM di Surakarta.

Copyrights © 2022