INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 8 No 1 (2025): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Realitas Rigging: Studi Sistematis Tentang Rigging 3D Untuk Augmented Reality Berdasarkan Karakter

Suwandi, Suwandi (Unknown)
Pratama, Jimmy (Unknown)
Deli, Deli (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji proses dan dampak rigging karakter 3D dalam konteks augmented reality (AR), serta bagaimana animasi karakter yang realistis dapat dicapai melalui penerapan teknik rigging yang canggih. Dengan semakin berkembangnya penggunaan AR dalam lingkungan interaktif dan imersif, rigging karakter 3D yang akurat memainkan peran penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Makalah ini menyelidiki integrasi teknologi AR dengan metode rigging karakter, menganalisis efektivitas berbagai teknik rigging dalam menghasilkan pergerakan yang realistis di ruang virtual maupun augmented. Penelitian ini juga mengevaluasi tantangan dan peluang yang disajikan oleh AR dalam industri animasi dan permainan. Penelitian sebelumnya menyoroti pentingnya rigging untuk animasi dinamis, dengan metodologi seperti integrasi tubuh kaku yang digunakan untuk model kendaraan dalam lingkungan 3D [3]. Fokus utama adalah mengoptimalkan rigging untuk kinerja real-time dalam AR, memastikan bahwa pergerakan karakter tetap lancar dan responsif dalam pengaturan interaktif [2]. Penelitian ini membangun atas studi yang ada yang mengeksplorasi peran rigging 3D dalam animasi, serta potensinya untuk pengembangan lebih lanjut dalam aplikasi augmented reality [9]. Dengan menganalisis teknik-teknik tradisional dan mutakhir, makalah ini menyajikan tinjauan komprehensif tentang rigging karakter 3D, tantangannya, dan prospek masa depannya dalam sistem augmented reality. Dengan menggabungkan pendekatan interdisipliner dari grafika komputer dan interaksi manusia-komputer, studi ini juga mengkaji penerapan rigging dalam lingkungan virtual dan perannya dalam pembuatan konten AR [4]. Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang berkontribusi pada efektivitas rigging karakter 3D untuk AR, dengan fokus khusus pada implikasinya untuk media edukasi dan aplikasi interaktif [6]. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembang dan peneliti yang bekerja pada aplikasi AR, menawarkan perspektif baru tentang bagaimana rigging karakter 3D dapat lebih lanjut ditingkatkan dan diintegrasikan ke dalam teknologi imersif. Kata Kunci:jumlah maksimal lima kata dan dipisah dengan koma

Copyrights © 2025