Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa efektif model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawwaroh, dengan fokus pada konsep abstrak seperti perpindahan kalor selama pandemi COVID-19. Pendekatan kuasi-eksperimen digunakan dengan membandingkan dua kelompok, Kelompok eksperimen, yang menerapkan model PjBL dan kelompok kontrol yang menerapkan metode konvensional. Hasil diperoleh melalui tes esai, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi keberhasilan belajar. Data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen (81,7) paling tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (72,1), yang dianalisis menggunakan uji t-test dan menunjukkan perbedaan signifikan. Dengan model PJBL siswa lebih terlihat kreativitas, keaktifan, dan pemahaman peserta belajar melalui proyek yang sama dengan materi pelajaran. Kegiatan Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran inovatif, terutama dalam pembelajaran IPA yang dapat diadaptasi pada situasi pandemi. Selain itu, temuan dari penelitian ini diharapkan mampu menambah khazanah literatur. pendidikan terkait dengan penggunaan metode berbasis proyek di lingkungan pendidikan dasar berbasis agama.
Copyrights © 2025