Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh flow experience, site trust, dan visual merchandising terhadap perilaku impulse buying pada pengguna aplikasi Shopee di Kota Manado. Flow experience merujuk pada pengalaman pengguna yang menyenangkan dan terlibat secara mendalam saat menggunakan aplikasi, sementara site trust menggambarkan tingkat kepercayaan pengguna terhadap keamanan dan kredibilitas situs atau aplikasi. Visual merchandising dalam konteks ini terkait dengan desain tampilan dan presentasi produk yang menarik di dalam aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah 75 responden yang merupakan pengguna aktif Shopee di Kota Manado. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (flow experience, site trust, visual merchandising) dan variabel dependen (impulse buying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa flow experience, site trust, dan visual merchandising berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada aplikasi Shopee di Kota Manado. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengelola aplikasi e-commerce untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan desain aplikasi guna mendorong perilaku impulse buying yang positif. Berdasarkan hasil penelitian hasil uji t parsial Variabel Flow Experience (X1) memiliki nilai t hitung 2,309, Variabel Site Trust memiliki nilat t hitung 2,420, Variabel Visual Merchandising 2,158 lebih besar dari nilai t table 1,993 yang berarti ketiga variable tersebut mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Variabel Impulse Buying (Y).
Copyrights © 2025