Abstrak: Indonesia sedang mengalami darurat kekerasan (fisik, mental hingga seksual). Korbannya tak hanya dari usia remaja hingga dewasa, namun juga menyerang anak usia dini. PAUD Miracle Kids yang merupakan mitra pengabdian, baik siswa maupun pengajar, belum pernah memperoleh pendidikan pencegahan kekerasan. Oleh karenanya, fokus kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan guru terkait pencegahan kekerasan pada anak usia dini. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode penyuluhan kepada 6 orang guru, materi yang diberikan yakni pencegahan kekerasan seksual kepada para guru. Kegiatan dilakukan dengan 3 tahapan: pra penyuluhan, penyuluhan dan pasca penyuluhan. .Hasil evaluasi pengetauhan menggunakan kuesioner menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan guru,yakni sebesar 60% tingkat pengetahuan guru pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan hasil yang positif atas pemberian penyuluhan pencegahan kekerasan kepada guru. Bahkan dari evaluasi yang dilakukan, para guru telah memberikan pendidikan pencegahan kekerasan kepada siswa PAUD selama kegiatan pengajaran maupun pengasuhan. Harapannya dengan meningkatknya pengetahuan para guru, mereka dapat menanamkan rasa kewaspadaan akan tindak kekerasan kepada para siswa.Abstract: Indonesia is experiencing a violence emergency both physical, mental, and sexual violence. The victims are not only from adolescence to adulthood but also attack early childhood. PAUD Miracle Kids, which is a service partner for both students and teachers, has never received Violence Prevention Education. So the service team provided counseling on preventing sexual violence to PAUD Miracle Kids teachers. In addition, education in early childhood plays an important role in shaping children's character, so it is the right time to fortify children with education on preventing violence in early childhood. Counseling activities were carried out using the counseling method with 6 teachers, and all of them actively participated in the counseling activities. The activities were carried out in 3 stages: pre-counseling, counseling, and post-counseling. The results obtained were an increase in teacher knowledge about efforts to prevent violence. This shows positive results from providing counseling to teachers on avoiding violence. Even after the evaluation, the teachers provided violence prevention education to PAUD students during teaching and care activities.
Copyrights © 2025