JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 9, No 1 (2025): Februari

PENINGKATAN SOFT SKILL WIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI PELATIHAN GO DIGITAL

Nur Ika Effendi (Manajemen, Universitas Muara Bungo)
Supriyati Supriyati (Manajemen, Universitas Muara Bungo)
Darham Darham (Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muara Bungo)
Herawati Herawati (Manajemen, Universitas Muara Bungo)
Oldi Arnoldy Arby (Manajemen, Universitas Muara Bungo)
Laula Dwi Marthika (Akuntansi, Universitas Muara Bungo)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Abstrak: Mahasiswa selaku calon wirausaha harus dituntut mampu menciptakan pekerjaan bukan mencari pekerjaan, untuk itu mereka harus mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang dinamis dan modern. Kreativitas dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sangat dibutuhkan wirausaha baik hardskills maupun softskills. Tujuan pelatihan ini adalah menciptakan mahasiswa menjadi seorang entrepreneur sekaligus sebagai agen perubahan dengan memberikan pemahaman dalam digital marketing dan mengelola media sosial menjadi alat promosi digital (hardskills). Selain itu, pelatihan ini juga memberikan pemahaman kiat-kiat berjualan online yang baik, berfikir kreatif dan kritis, kemampuan kolaborasi dan manajemen waktu (kaizen). Metode kegiatan ini dengan melakukan ceramah dan pelatihan kepada mahasiswa selaku mitra. Setelah diobservasi, angket dan wawancara, didapat peningkatan sebanyak 80% hardskils dan softskill mahasiswa. Diharapkan pelatihan ini menjadi agenda rutin bagi LPPM Universitas Muara Bungo sehingga merangsang mahasiswa dalam berwirausaha dan pendapatannya meningkat sehingga berimbas peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di kabupaten Bungo semakin maju karena memiliki wirausaha yang banyak.Abstract: Students as prospective entrepreneurs must be required to create jobs, not look for jobs, and they must be able to adapt to dynamic and modern environmental changes. Entrepreneurs need creativity in utilizing developments in information technology, both hard and soft skills. This training aims to make students become entrepreneurs as agents of change by providing an understanding of digital marketing and managing social media as a digital promotional tool (hard skills). This training also provides insight into selling online good tips, creative thinking, and time management (kaizen). The method of this activity is by conducting lectures and training to students as partners. After observations, questionnaires, and interviews, an 80% increase in students' hard and soft skills was obtained. It is hoped that this training will become a routine part of the agenda for LPPM Muara Bungo University, stimulating students to become entrepreneurs and improve their income, thereby increasing the welfare of families and the community in Bungo district increasingly advanced because it has many entrepreneurs.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...