Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Inovasi Medika Kreasi di Jakarta Pusat dan di tempat pelanggan di area Jakarta dan Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah eknik analisis deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini menunjukan bahwa pada Internal Factors Analisys Summary (IFAS) total skor faktor kekuatan adalah 1,21 dan kelemahan adalah 1,26, kemudian pada External Factors Analisys Summary (EFAS) total skor peluang adalah 1,37 dan ancaman adalah 1,02. Dari hasil tersebut diagram SWOT pada PT. Inovasi Medika Kreasi berada dalam kuadran III (tiga) yaitu Turn Around Strategy dan mendukung perusahaan menggunakan strategi WO (Weakness – Opportunity). Hal ini menandakan bahwa PT. Inovasi Medika Kreasi memiliki banyak peluang yang dapat diambil, tetapi dilain pihak ia juga menghadapi beberapa kendala atau kelemahan internal. Perusahaan perlu meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih besar. Strategi WO (Weakness – Opportunity) yang berupa mengikuti berbagai event pameran, memperbanyak kerjasama dengan agen-agen reseller, menciptakan varian produk dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat serta tetap menjaga kualitas yang sama dengan produk sebelumnya telah dijalankan oleh perusahaan PT. Inovasi Medika Kreasi dalam mempertahankan usahanya.
Copyrights © 2024