Journal of Islamic Finance and Accounting Research
Vol. 4 No. 1 FEBRUARI (2025): JAFAR 2025

MOTIF DIBALIK CREATIVE ACCOUNTING: PENGARUH FAKTOR INTERNAL PERUSAHAAN

Dimala Asmara, Sashi Kirana Reirani (Unknown)
Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel ukuran perusahaan, struktur pendanaan, kebijakan dividen, dan profitabilitas terhadap creative accounting pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia priode 2020-2022. Populasi pada penelitian ini sebanyak 92 perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia priode 2020-2022. Sampel penelitian dipilih menggunakan Teknik purposive sampling sehingga diperoleh 17 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian selama rentang waktu 2020-2022. Analisis data menggunakan Teknik analisis regresi linier berganda.Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara signifikan variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap creative accounting. Variabel struktur pendanaan dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap creative accounting. Secara simultan variabel ukuran perusahaan, struktur pendanaan, kebijakan dividen, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap creative accounting.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jafar

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Islamic Finance and Accounting Research (JAFAR) professionally managed and published by UIR PRESS in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. UIR PRESS is a consortium in the field of social and applied sciences that plays an active role in ...