Salah satu inisiatif pemerintah dalam bidang pendidikan, pemberantasan buta huruf, merupakan upaya mengentaskan masyarakat dari kemiskinan dan kebodohan. Ketidakmampuan membaca dan menulis disebut buta huruf. Hal ini dialami oleh siswa SD Negeri Padang-Padang. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pengajaran membaca mana yang paling berhasil dalam menurunkan buta huruf di Desa Bonto Tiro. Anak-anak buta huruf di SD Negeri Padang-Padang dijadikan sebagai sumber data dalam penelitian ini. Kegiatan ini diawali dengan teknik membaca untuk mengaplikasikan materi pelatihan yang ditawarkan. Setiap peserta yang buta huruf berlatih membaca. Metode ini digunakan agar peserta didik mendapatkan pengajaran pendidikan yang berkualitas, sehingga menjadi warga negara yang produktif dan meningkatkan kualitas hidupnya. Temuan penelitian ini mengungkap informasi mengenai pemahaman siswa SD Negeri Padang-Padang terhadap strategi, metode, dan pendekatan membaca. Hal ini ditunjukkan dengan menggunakan taktik, pendekatan, dan metode yang berguna dalam membaca. Seluruh kegiatan yang direncanakan berhasil dilaksanakan, dengan bantuan yang sangat baik dari seluruh pemangku kepentingan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025