Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi
Vol. 2 No. 3 (2025): Februari

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAME RPG CERITA RAKYAT SI PITUNG (REWRITE STORYLINE PERJUANGAN SI PITUNG)

Alvin, Rimbayanto (Unknown)
Yoga, Prisma Yuda (Unknown)
Alim, Citra Aria Bima (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan game Rewrite Storyline Perjuangan Si Pitung menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Metode ini terdiri dari tiga tahap utama, yaitu pre-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Tahap pre-produksi meliputi pengembangan ide dan pembuatan prototyping. Tahap produksi mencakup desain dan pengembangan game, pemrograman, serta pengujian (alpha dan beta). Sementara itu, tahap pasca-produksi terdiri dari perilisan dan pembaruan game. Dalam pengembangan game ini, digunakan flowchart dan storyboard untuk merancang alur permainan dan skenario interaktif. Game ini mengisahkan perjuangan Si Pitung melawan penjajahan dan ketidakadilan, dengan mekanisme role-playing game (RPG). Implementasi sistem mencakup pengembangan halaman judul, halaman permainan, serta halaman pertarungan yang menghadirkan tantangan bagi pemain. Pengujian dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS), yang menghasilkan skor 72. Hasil ini menunjukkan bahwa game memiliki tingkat kegunaan yang baik dan memberikan pengalaman bermain yang positif bagi pengguna. Dengan demikian, game Rewrite Storyline Perjuangan Si Pitung dapat menjadi media interaktif yang edukatif dan menghibur dalam mengenalkan sejarah lokal kepada pemain. Kata Kunci: Game Development Life Cycle, RPG, Rewrite Storyline Perjuangan Si Pitung, SUS, Edukasi Interaktif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrsit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi (JRSIT) adalah jurnal nasional sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran, dan kajian kritis-analitik mengenai penelitian di bidang ilmu dan teknologi komputer, termasuk Teknik Sistem, Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Informatika ...