Jurnal bintang manajemen
Vol. 1 No. 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen

Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Belanja Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

Ade Fadillah FW Pospos (Unknown)
Meliana Fiteri (Unknown)
Abdul Hamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

Berbelanja secara online lebih didorong oleh keinginan semata. tanpa memperhatikan apa kegunaan barang- barang yang dibeli. Ditambah lagi dengan adanya berbagai macam penawaran mulai dari gratis ongkir, potongan harga, dan bisa bayar ditempat. Sehingga mendorong mahasiswa untuk terus berbelanja tanpa memikirkan kegunaanya. Jika hal ini diabaikan maka akan berdampak pada keungan, sehingga pengeluran semakin banyak, uang yang seharusnya di tabung atau digunakan untuk kebutuhan mendatang habis begitu saja hanya untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Didalam Islam telah di ajarkan dalam berbelanja harus mengutamakan kebutuhan, bukan sekedar keinginan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja secara online yang ditinjau dari ekonomi Islam dan faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Langsa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa. Informan penelitiain sebanyak 7 orang . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknis analis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melalui tahap pengumpulan data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja secara online yang ditinjau dari ekonomi Islam yaitu membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi, munculnya penilain bahwa membeli produk dengan harga yang mahal akan menimbulkan percaya diri yang tinggi, membeli produk karena adanya diskon atau potongan harga (bukan atas dasar manfaat dan kegunaanya) dan membeli produk sejenis dengan merek yang berbeda. Faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku konsumtif karena faktor uang saku, faktor iklan dan faktor pertemanan.Perilaku berbelanja online seperti ini tidak sesuai lagi dengan konsumsi Ekonomi Islam. Kata Kunci:

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jubima

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan ...