Pendahuluan :Kredensial merupakan proses evaluasi terhadap tenaga keperawatan untuk menentukan kelayakan pemberian kewenangan klinis. Kredensial dilakukan dengan memeriksa dokumen, wawancara, dan ketentuan lain dalam rumah sakit serta mendiskusikan kewenangan klinik yang telah diajukan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan strategi untuk mengatasi hambatan pelaksanaan kredensial. Metode :Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan systematic review. Penelitian ini menganalisis 8 artikel yang dipublikasikan antara 2015-2020 dan fokus pada hambatan kredensial. Hasil : Faktor personal penghambat kredensial antara lain : waktu persiapan sertifikasi yang terbatas, kecemasan karena harus mengikuti kredensial dan takut gagal. Factor organisasi yang menghambat kredensial antara lain : kurangnya penghargaan dari pemberi kerja, biaya pendidikan berkelanjutan yang dibutuhkan untuk mempertahankan sertifikasi, tidak ada standard kredensial. Strategi untuk mengatasi hambatan kredensial antara lain; melakukan pengaturan jadwal dinas, memberikan bantuan keuangan, melakukan persiapan kredensial, dan meningkatkan kesadaran terkait imbalan yang telah diberikan oleh pemberi kerja Kesimpulan : Indentifikasi penghambat kredensial dan strategi pemecahannya dapat dipakai untuk memperbaiki proses kredensial.
Copyrights © 2021