J-CEKI
Vol. 3 No. 5: Agustus 2024

Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Ambassador “EXO” Terhadap Minat Beli Konsumen di Jakarta Barat

Icha Primanda Putri (Universitas Bina Sarana Informatika)
Iwan Asmadi (Universitas Bina Sarana Informatika)
Bambang Haryono (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui apakah kualitas produk dan brand ambassador “EXO” memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen pada Scarlett Whitening di Jakarta Barat, dan diantara variabel-variabel tersebut, variabel mana yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, adapun kriteria responden dalam penelitian ini adalah masyarakat wilayah Jakarta Barat yang pernah melihat iklan atau pernah membeli produk Scarlett Whitening. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian kali ini adalah dengan memberi kuesioner pada responden.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial kualitas produk memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen, dengan hasil penelitian t hitung 10,440 > t tabel 1,984 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Brand ambassador “EXO” pun memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen, dengan hasil penelitian yaitu t hitung 4,681>1,984 yang memiliki arti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Ada pula hasil simultan antara kualitas produk dan brand ambassador “EXO” yang menyatakan kedua variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen, dengan hasil penelitian yaitu nilai f 99,327 > f tabel 3,09 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya ialah hasil uji t (parsial) menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel kualias produk (X1), brand ambassador “EXO” (X2) terhadap minat beli konsumen (y) pada Scarlett Whitening di Jakarta Barat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...