J-CEKI
Vol. 3 No. 6: Oktober 2024

Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas X Sma Terhadap Materi Logaritma Melalui Media Pembelajaran Tangga Logaritma

Cut Rania Andini (Universitas Negeri Medan)
Jesiska Anjelin Siagian (Universitas Negeri Medan)
Mikhah Adillah Zendrato (Universitas Negeri Medan)
Ndor Damayanti Silalahi (Universitas Negeri Medan)
Putri Rizki (Universitas Negeri Medan)
Budi Halomoan Siregar (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMA terhadap materi logaritma dengan menggunakan media pembelajaran tangga logaritma. Dalam penelitian ini, 18 siswa diukur kemajuan pemahaman mereka melalui analisis nilai pre-test dan post-test. Metode analisis yang digunakan adalah uji korelasi Pearson dan Spearman. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai korelasi Pearson mencapai 0,88, sementara korelasi Spearman mencapai 0,95, keduanya mengindikasikan adanya hubungan positif yang sangat kuat antara nilai pre-test dan post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa dengan pemahaman awal yang baik cenderung mencapai hasil yang lebih tinggi setelah pembelajaran, sehingga membuktikan efektivitas media tangga logaritma dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi logaritma secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...