J-CEKI
Vol. 3 No. 6: Oktober 2024

Pengembangan e-Modul Kontekstual Dengan Flip PDF Untuk Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA

Hastiyani Br Sinurat (Universitas Negeri Medan)
Muliawan Firdaus (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e- modul berbasis kontekstual menggunakan aplikasi Flip PDF yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran matematika untuk peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Berastagi pada semester genap T.A. 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X-E5 dengan objek penelitian berupa e-modul matematika berbasis kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa produk e-modul berbasis kontekstual menggunakan Flip PDF yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai 3,18 yang tergolong pada kategori layak, praktis dengan persentase angket respon guru 91,66% dan persentase angket respon siswa 81,69% yang keduanya tergolong pada kategori sangat praktis, dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,65 dengan kategori peningkatan sedang. Analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menunjukkan bahwa e-modul kontekstual yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika serta mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...