J-CEKI
Vol. 3 No. 6: Oktober 2024

Penerapan Metode Gasing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Pada Siswa Kelas III SD Negeri 8 Tondano

Deysti Trifena Tarusu (Universitas Negeri Manado)
Putri Claudya Agatha Pokaton (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dengan menggunakan metode GASING (Gampang, asyik, dan menyenangkan) pada siswa kelas III SD Negeri 8 Tondano. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek PTK ini adalah siswa kelas IIIA SD Negeri 8 Tondano yang berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode GASING dapat meningkatkan kemampuan berhitung dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada tahap prasiklus atau pretest adalah 46,29. Jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 7 siswa (25,9%). Kemudian setelah diadakan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajarnya menjadi 59,29 dan jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM ada 12 siswa (44,5%). Pada siklus II rata-rata hasil belajarnya meningkat menjadi 87,03 dan jumlah siswa yang mencapai KKM ada 22 siswa (81,5%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...