Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dengan menggunakan metode GASING (Gampang, asyik, dan menyenangkan) pada siswa kelas III SD Negeri 8 Tondano. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek PTK ini adalah siswa kelas IIIA SD Negeri 8 Tondano yang berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode GASING dapat meningkatkan kemampuan berhitung dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada tahap prasiklus atau pretest adalah 46,29. Jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 7 siswa (25,9%). Kemudian setelah diadakan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajarnya menjadi 59,29 dan jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM ada 12 siswa (44,5%). Pada siklus II rata-rata hasil belajarnya meningkat menjadi 87,03 dan jumlah siswa yang mencapai KKM ada 22 siswa (81,5%).
Copyrights © 2024