Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang sebagai salah satu madrasah yang telah mengadopsi konsep Smart Digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara mendalam terhadap lima orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TIK telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan berbagai aplikasi seperti Canva, Quizizz, dan Kahoot membuat proses belajar menjadi lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Hal ini terbukti dari peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar yang lebih baik. Namun, masih terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan infrastruktur dan kebutuhan pengembangan kompetensi guru dalam pemanfaatan TIK. Studi ini menyimpulkan bahwa implementasi TIK di MAN 3 Palembang telah berjalan dengan baik, namun perlu adanya upaya berkelanjutan untuk mengatasi tantangan yang ada.
Copyrights © 2025