Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opinion shopping, disclosure, reputasi KAP terhadap opini audit going concern pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang dapat diakses dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu dengan mengambil sampel dari populasi berdasarkan kriteria tertentu. Adapun sampel penelitian berdasarkan kriteria berjumlah 27 perusahaan dengan periode penelitian selama 3 tahun, jadi total sampel terdapat 81 data laporan keuangan perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik yang menggunakan persamaan regresi logistik. Analisis data dimuali dengan mengolah data dengan microsoft excel, selanjutnya dilakukan pengujian regresi logistik menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Opinion shopping berpengaruh terhadap opini audit going concern; 2) Disclosure tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern; 3) Reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern; 4) Opinion shopping, disclosure, dan reputasi KAP secara simultan tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern.
Copyrights © 2024