Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran guru sebagai pemimpin pembelajaran, serta untuk memahami tantangan dan solusi yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan prestasi (kinerja) belajar siswa di SMP Negeri 1 Kayuagung. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, survei, dokumentasi,wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, pemrosesan data, dan visualisasi data. Fakta-fakta yang disajikan di sini adalah pengamatan dan temuan dari para administrator sekolah, guru, dan siswa. Temuan studi menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan pembelajaran memiliki kemampuan untuk membantu siswa mencapai tujuan mereka. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator dalam komunitas pembelajaran dapat mendorong kolaborasi di antara guru dan meningkatkan kepemimpinansiswa.Prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Kayuagung dapat diimplementasikan dengan prestasi siswa yang baik dalam bidang akademik di mana siswa dapat dievaluasi di SMA unggulan baik di tingkat OKI atau Sumatera Selatan, sementara dalam bidang non-akademik, siswa dapat dievaluasi di tingkat provinsi atau nasional.
Copyrights © 2025