J-CEKI
Vol. 4 No. 3: April 2025

Peran Guru Penggerak Sebagai Pemimpin Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Kayu Agung

Eka Atika (Unknown)
Yasir Arafat (Unknown)
Nurlina, Nurlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran guru sebagai pemimpin pembelajaran, serta untuk memahami tantangan dan solusi yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan prestasi (kinerja) belajar siswa di SMP Negeri 1 Kayuagung. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, survei, dokumentasi,wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, pemrosesan data, dan visualisasi data. Fakta-fakta yang disajikan di sini adalah pengamatan dan temuan dari para administrator sekolah, guru, dan siswa. Temuan studi menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan pembelajaran memiliki kemampuan untuk membantu siswa mencapai tujuan mereka. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator dalam komunitas pembelajaran dapat mendorong kolaborasi di antara guru dan meningkatkan kepemimpinansiswa.Prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Kayuagung dapat diimplementasikan dengan prestasi siswa yang baik dalam bidang akademik di mana siswa dapat dievaluasi di SMA unggulan baik di tingkat OKI atau Sumatera Selatan, sementara dalam bidang non-akademik, siswa dapat dievaluasi di tingkat provinsi atau nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...