J-CEKI
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Literatur Review : Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Rawat Inap di Rumah Sakit

Rini Afyat (a:1:{s:5:"en_US"
s:32:"Universitas Sangga Buana Bandung"
})

Asih Romayanti (Unknown)
Farah Saufika (Unknown)
Ahida Muizun (Unknown)
Nasoka Ramli (Unknown)
Vip Paramarta (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Kepuasan pasien adalah indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kepuasan pelanggan yang akan berdampak terhadap jumlah kunjungan yang akan mempengaruhi provitabilitas fasilitas kesehatan tersebut, sedangkan sikap karyawan terhadap pelanggan juga akan berdampak terhadap kepuasan pelanggan dimana kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu akan meningkat, begitu pula tuntutannya akan mutu pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan literature review dengan melakukan analisis pada artikel dan jurnal didapatkan dari google scholar menggunakan kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan rawat inap, mutu pelayanan kesehatan, Loyalitas Pasien dan Rumah Sakit dengan tahun penerbitan tidak lebih dari lima tahun yaitu dari tahun 2022 sampai dengan tahun 2023. Hasil penelitian membuktikan bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, antara lain dimensi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati. Kesimpulan literature review ini adalah terdapat korelasi antara lima dimeensi kualitas pelayanan jasa terhadap persepsi pasien dengan kepuasan pasien rawat inap dalam menerima pelayanan kesehatan di Rumah Sakit.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...