Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 3 No. 3: Maret 2024

Pengaruh Marketing Public Relation Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Commerce Tokopedia

Zulaikah Zulaikah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Adib Fachri (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2024

Abstract

Belakangan ini masyarakat sudah pintar dalam melakukan transaksi beli barang di online market dengan teknologi ponsel pintar. Pada awal munculnya belanja online hanya masyarakat kelas atas saja yang bisa menikmati kemudahan tersebut, namun makin hari tidak hanya masyarakat kelas atas saja. Masyarakat kelas menengah dan kelas bawah pun bisa menikmati kemudahan berbelanja online. Hal tersebut didukung dengan adanya ponsel pintar yang dijual pasaran dengan harga terjangkau, yang mematok konsumen dari kelas menengah dan kelas bawah. Setelah memiliki ponsel pintar, masyarakat tentu saja bisa mengakses aplikasi-aplikasi belanja online dengan satu klik saja bisa menghasilkan berbagai macam aplikasi belanja online. Terutama banyak sekali masyarakat yang menggunakan aplikasi belanja online atau E-Commerce toko pedia. Marketing public relations merupakan kegiatan yang mendorong pemasaran berbasis hubungan masyarakat. Dalam arti umum, Marketing public relations merupakan program dan strategi pemasaran dalam upaya meluaskan pemasaran dan tujuan untuk mencapai kepuasan konsumen. Berkaitan dengan topik penelitian, kebanyakan para konsumen yang menggunakan E-Commerce lebih memilih platform Tokopedia dibanding platform-platform online shop lain. Maka dari itu penulis ingin mengkaji bagaimana dan sebab-akibat pengguna E-Commerce lebih suka menggunakan platform Tokopedia dibanding platform lain.. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa Marketing Public Relation Berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan E-Commerce Tokopedia. Karna kami telah menganilisi dari Marketing public relations dan loyalitas pelanggan tokopedia, yang bertujuan untuk mengtahui pengaruh marketing public Relations terhadap loyalitas Pelanggan E-Commerce Tokopedia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...