Pembangunan karakter siswa yang berbangsa dan bernegara merupakan salah satu tujuan utama dalam sistem pendidikan. Di era digitalisasi yang berkembang pesat, peran teknologi informasi dan komunikasi menjadi semakin penting dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digitalisasi terhadap pembangunan karakter siswa yang berbangsa dan bernegara. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis literatur, dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber informasi yang relevan dengan topik tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa digitalisasi memiliki dampak yang signifikan terhadap pembangunan karakter siswa. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat meningkatkan aksesibilitas, memperluas cakupan pembelajaran, dan menyediakan berbagai sumber belajar yang interaktif. Namun demikian, terdapat juga beberapa tantangan dan risiko yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan digitalisasi dalam pendidikan karakter. Salah satunya adalah risiko terkait dengan Kecanduan teknologi yang dapat mengganggu perkembangan karakter siswa, seperti kurangnya kemampuan untuk berinteraksi secara langsung dan kurangnya pengembangan keterampilan sosial.
Copyrights © 2024