Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 3 No. 5: Juli 2024

Analisis Peran Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepada Masyarakat : Studi Kasus di Kantor Camat Afulu Kabupaten Nias Utara

Lesli Ramalan Hati Lase (Universitas Nias)
Odaligoziduhu Halawa (Universitas Nias)
Yupiter Mendrofa (Universitas Nias)
Yamolala Zega (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Penelitian yang berjudul peran budaya organisasi dalam meningkatkan Mutu Pelayanan kepada Masyarakat (Studi Kasus pada Kantor Camat Afulu) ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan memperoleh gambaran yang jelas dan juga objektif. Penelitian ini menggunakan beberapa metode dalam proses pengumpulan data diantaranya yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah field research, yaitu penelitian yang menitikberatkan pada hasil pengumpulan data dari informan yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi yang diterapkan pada Kantor Camat Afulu lebih mementingkan bagaimana dalam mencapai tujuan dari lembaga dan juga guna mewujudkan visi dari lembaga tersebut. Dengan menerapkan budaya organisasi yang kuat akan memberikan kontribusi kepada pegawai dalam melakukan pelayanan public dan lebih teliti dalam menyelesaikan pekerjaan. Budaya organisasi mampu meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat karena budaya yang ada mampu membuat pegawai menjadi lebih terorganisir dan terarah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...