Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 3 No. 5: Juli 2024

Analisis Potensi, Tantangan dan Strategi dalam Pengembangan Wisata Halal di Banten

Hafidz Ainur Rofi (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Jaharuddin Jaharuddin (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Dengan semakin banyaknya wisatawan Muslim yang mencari pengalaman liburan yang sesuai dengan syariah Islam, pariwisata halal telah menjadi tren penting di sektor pariwisata internasional. Berkat sejarahnya yang kaya dan keragaman budayanya, Provinsi Banten, Indonesia, memiliki potensi besar untuk pertumbuhan pariwisata halal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi potensi dan hambatan dari pertumbuhan pariwisata halal di Banten. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan peninjauan literatur. Menurut Global Muslim Travel Index (GMTI), ada empat indikator yang digunakan untuk menilai wisata halal. Mereka adalah aksesibilitas (aksesibilitas), komunikasi (komunikasi), lingkungan (lingkungan), dan layanan (layanan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Banten memiliki potensi untuk berkembang menjadi destinasi pariwisata halal, terutama dengan mempertimbangkan Masjid Agung Banten sebagai salah satu destinasi wisata religius. Wisatawan Banten dapat menikmati pengalaman religius.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...