Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 3 No. 5: Juli 2024

Analisis Tax Awareness, Tax Knowledge, Tax Socialization Terhadap Tax Compliance Pengguna E-Commerce di Surabaya

Fransiskus Tajal (STIE YAPAN Surabaya)
Tarsius Agas (STIE YAPAN Surabaya)
Aloisius Hama (STIE YAPAN Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tax awareness, tax knowledge dan tax socialization terhadap tax compliance pengguna e commerce. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna E-commerce dibidang fashion yang beroperasi di akun media sosial Instagram dan berkedudukan di Surabaya. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Model analisis ini dipilih karena penelitian ini dirancang untuk meneliti pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut: Tax awareness secara parsial terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tax compliance pengguna e-commerce. Tax knowledge secara parsial terdapat pengaruh yang positif signifikan terhadap tax compliance pengguna e-commerce. Tax socialization secara parsial terdapat pengaruh positif tidak signifikan terhadap tax compliance pengguna e-commerce.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...