Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 3 No. 6: September 2024

Experential Marketing, Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi

Dhea Landy Venida Zulfa (Universitas Widyagama Malang)
Wahju Wulandari (Universitas Widyagama Malang)
Alfiana Alfiana (Universitas Widyagama Malang)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh experential marketing dan service quality terhadap loyalitas pelanggan dengan customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Sampel populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Mixue ice cream and tea cabang Blimbing Kota Malang, dan sampel yang diambil mengunakan teknik Purposive Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Data setelah dikumpulkan di olah menggunakan alat perangkat lunak Smart Partial Least Square (PLS) Versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) experential marketing yang semakin baik terhadap loyalitas pelanggan, begitu juga dengan (2) service quality yang semakin baik terhadap loyalitas pelanggan. Ditemukan dalam penelitian ini bahwa (3) experential marketing yang semakin baik terhadap customer satisfaction, begitu juga dengan (4) service quality yang semakin baik terhadap customer satisfaction, serta dalam penelitian ini menujukkan bahwa (5) customer satisfaction memiliki peranan yang lemah terhadap loyalitas pelanggan. Ditemukan juga dalam penelitian ini bahwa (6) customer satisfaction yang memiliki peran mediasi yang lemah pada hubungan experential marketing terhadap loyalitas pelanggan, begitu juga dengan (7) customer satisfaction yang memiliki peran mediasi yang lemah pada hubungan service quality terhadap loyalitas pelanggan pada konsumen Mixue ice cream and tea cabang Blimbing Kota Malang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...