Industri kesehatan telah mengalami perkembangan pesat, sehingga rumah sakit, khususnya swasta, menghadapi tantangan dalam menyediakan layanan yang efisien dan memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan manajemen strategis dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pasien di rumah sakit swasta melalui hasil kajian penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan Protokol PRISMA untuk mengidentifikasi dan menganalisis literatur terkait manajemen rumah sakit. Dari 22 artikel yang diterbitkan antara 2015-2024, analisis tematik dilakukan untuk menemukan pola yang relevan terkait efisiensi operasional dan kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 112 artikel yang ditemukan, 23 di antaranya dipilih untuk dianalisis terkait manajemen strategis di rumah sakit swasta. Artikel-artikel ini menunjukkan peningkatan publikasi pada tahun 2022-2024, dengan fokus pada peran manajemen dalam meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi operasional. Screening lebih lanjut menyaring artikel berdasarkan relevansi topik, bahasa, dan jenis penelitian. Pembahasan mengungkapkan bahwa kualitas layanan (seperti keandalan, empati, dan responsivitas) sangat mempengaruhi kepuasan pasien. Selain itu, teknologi informasi dan pengelolaan sumber daya manusia yang baik juga terbukti meningkatkan efisiensi rumah sakit dan kepercayaan pasien.
Copyrights © 2024