Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan komunikasi guru dan orang tua secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar peserta didik siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 142 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik proprotionate stratified random sampling, sampel dari penelitian ini sebanyak 59 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Variabel kemampuan komunikasi guru secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. (2) Variabel komunikasi orang tua secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. (3) Variabel kemampuan komunikasi guru dan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. The results of this study indicate that, (1) The variable of teacher communication ability partially has a positive and significant effect on the learning outcomes of class XI students of Accounting Expertise Program of SMK Negeri 1 Makassar. (2) The variable of parental communication partially has a positive and significant effect on the learning outcomes of class XI students of Accounting Expertise Program of SMK Negeri 1 Makassar. (3) The variable of teacher and parent communication skills has a positive and significant effect on the learning outcomes of class XI students of the Accounting Expertise Program at SMK Negeri 1 Makassar. Keywords Teacher Communication Skills, Parent Communication, Learning Outcomes
Copyrights © 2025