Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan omzet penjualan tabung APAR yang terjadi pada PT Andhika Prima Jaya. Data yang diteliti adalah data laporan penjualan pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2023. Teknik yang digunakan adalah teknik wawancara terhadap informan yaitu pemilik perusahaan, manajer pemasaran dan staff penjualan dan teknik dokumentasi berupa data penjualan tabung APAR. Penelitian dilakukan di PT Andhika Prima Jaya sebagai salah satu kantor cabang yaitu Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berdasarkan data penjualan yang diperoleh terdapat peningkatan omzet yang cukup signifikan di setiap tahunnya pada penjualan tabung APAR dengan berbagai ukuran yang ada di PT Andhika Prima Jaya. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pemilik perusahaan lebih kepada kebijakan promosi, sedangkan penentuan harga promo merupakan startegi pemasaran yang dilakukan oleh manajer pemasaran dan proses pemasaran yang dilakukan oleh staff penjulan yaitu dengan melakukan pemasaran dengan metode offline sedangkan online hanya sebagai pendukung saja. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkam bahwa strategi pemasaran dilakukan oleh informan dalam penelitian ini dapat dikatakan berhasil dalam pencapaian omzet penjualan perusahaan dibuktikan dengan adanya peningkatan omzet penjualan tabung APAR selama lima tahun kebelakang yaitu ditahun 2019 sampai dengan 2023.
Copyrights © 2024