Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil dan bentuk optimalisasi yang dilakukan untuk meningkatkan fungsi penggunaan e-learning berupa LMS yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah kualitatif dengan penjabaran secara deskriptif berdasarkan data primer dan sekunder yang telah diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan pelatihan dilakukan dengan dua model yaitu non klasikal dan klasikal yang terdiri dari tiga tahap, yaitu pembelajaran mandiri, aktualisasi, dan evaluasi akademik. Optimalisasi dilakukan melalui penyusunan konten dan modul pada LMS yang secara substantif, lengkap, dan mengutamakan kualitas isi walaupun konten dan modul kurang efisien bagi peserta karena durasi dan materi yang terdapat di dalamnya banyak dan besar. Belum ada regulasi yang mengatur berkaitan dengan pembaharuan konten yang lebih menarik dan simpel. Kekurangan dari penelitian ini adalah data yang diperoleh sebagian besar hanya data primer. Untuk kedepannya diharapkan data sekunder dapat diperoleh secara lengkap untuk memperkuat hasil penelitian.
Copyrights © 2024