Penelitian dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas XI SMA N 8 Lubuklinggau. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa yang dibawah KKM. Model scientific dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai model scientific dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bisa atau tidaknya penerapan model scientific dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas XI SMA N 8 Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 8 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan model scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 8 Lubuklinggau dalam mata pelajaran fisika dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Pada sebelum tindakan diketahui 6 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 21%, pada siklus I diketahui 17 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 59%, pada siklus II dikeltahui 26 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 90%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 8 Lubuklinggau dalam mata pelajaran fisika.
Copyrights © 2024