Latar belakang masalah adalah ketika dilaksanakan ulangan harian pada mata pelajaran Perlunya siswa memahami hakikat suatu teori atau konsep yang dipelajarinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat siswa memahami materi Daulah Mughal dan nilai-nilai Sejarah Kebudayaan Islam dalam materi Daulah Mughal. Jenis penelitian adalah kulitatif lapangan. Sumber data primer yakni Guru SKI dan siswa kelas X. Data sekunder dalam bentuk dokumen. menggunakan metode Pembelajaran Inside outside circle untuk memperoleh pemahaman terhadap materi yang akan dibahas mungkin menjadi faktor yang menentukan tingkat keterlibatan dan kesenangan mereka dalam proses pembelajaran. dilihat rata-rata daya serap siswa kelas X MTsS Al-Hadi dari nilai ulangan harian pada pertemuan I adalah 77,00 (kategori baik). Pertemuan II 82,76 (kategori baik). Terlihat bahwa terjadi peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II sebesar 85,33. Jadi dengan meningkatnya nilai rata-rata daya serap siswa pada setiap pertemuan dan ulangan harian dari kedua siklus. menggunakan metode Pembelajaran Inside outside circle di kelas X MTsS Al-Hadi bisa menjamin terjadinya keterlibatan siswa, terutama dalam proses memperhatikan dan mendengarkan serta tanya jawab.
Copyrights © 2024