Jurnal Ekonomika Dan Bisnis
Vol. 5 No. 1 (2025): Januari - Februari

Strategi Dan Kebijakan Bisnis Pada UMKM Makase

Elfando, Dimas Rafi (Unknown)
Alim, Mohammad Ziddan (Unknown)
Alkhaldi, Muhammad Bandar (Unknown)
Dhiya, Najla Hasna (Unknown)
Salsabilla, Nayra (Unknown)
Nadif, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis dan promosi digital yang diterapkan oleh Makase, anak usaha Opus One Concept Store, dalam meningkatkan citra merek dan daya saing di segmen Business-to-Business (B2B) sektor Horeca (Hotel, Restoran, dan Cafe). Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data langsung dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Makase menghadapi tantangan besar dalam promosi digital yang kurang optimal dengan brand awareness yang belum kuat di segmen pasar target. Berdasarkan laporan Global Market Insights (2023), pasar global tableware diproyeksikan tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 5,7% hingga tahun 2030, yang mencerminkan peluang signifikan untuk ekspansi pasar. Rekomendasi strategi termasuk optimalisasi media sosial melalui platform seperti Instagram dan TikTok, pelaksanaan kampanye brand awareness, serta kolaborasi dengan influencer dan mitra di sektor Horeca, Makase diharapkan dapat memperkuat posisinya sebagai penyedia tableware premium, meningkatkan citra merek, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jebs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEBS : Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan CV.ITTC - INDONESIA dan dikelola langsung oleh Webinar.Gratis dan Even. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang ekonomi ,bisnis, manajemen, akuntansi, auditing, ...