Community Service Articles
Vol. 1 No. 1 (2024): COMERS (Community Service Articles)

SISTEM PENDAFTARAN SISWA BARU PERGURUAN MUHAMMADIYAH CABANG BEJI KOTA DEPOK

WASIRAN, WASIRAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Sistem Pendaftaran Siswa Baru Perguruan Muhammadiyah Cabang Beji Kota Depok. Latar belakang masalah yang dihadapi oleh pihak sekolah saat ini adalah dengan masih diberlakukannya manual sistem dalam proses penerimaan siswa baru pada Sekolah Muhammadiyah Cabang Beji baik dalam proses seleksi maupun dalam proses pengarsipan dokumen siswa yang tersimpan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang dapat berdampak positif bagi seluruh kehidupan khususnya penyedia informasi bagi suatu organisasi/ instansi yang membutuhkan sistem pengelolaan secara cepat, tepat dan akurat. Maka dari itu untuk sistem penerimaan siswa baru Sekolah Muhammadiyah Cabang Beji dibuat dengan sistem web. Hal ini dapat lebih mempermudah bagi pihak sekolah dalam melakukan proses seleksi siswa baru di Sekolah tersebut. Pihak orang tua murid juga tidak perlu bolak dablik datang ke sekolah untuk proses seleksi siswa baru. Adapun metode yang digunakan dalam pembuaatan website adalah dengan menggunakan metode waterfall serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan PHPMyAdmin untuk penyimpanan data base sedangkan metode analisis yang digunakan dalam seleksi penerimaan siswa baru adalah metode Fuzzy Logic dimana yang dijadikan variable dalam penelitian ini adalah Nilai UAN, Nilai Rapot, Nilai Test Kompetensi, Nilai Test Psikologi, dan Nilai Test Wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu pihak sekolah dalam melakukan proses seleksi penerimaan siswa baru serta membatu pihak murid dan wali murid dalam melakukan pendaftaran siswa baru di Perguruan Muhammadiyah Cabang Beji.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

comers

Publisher

Subject

Other

Description

Community Service Articles (COMERS) is a peer-reviewed journal that publishes articles, reviews, and case studies focused on community engagement, service learning, and social impact initiatives. This journal is dedicated to showcasing innovative programs, volunteer work, and collaborative efforts ...