Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 9 No 1 (2025): Edisi Januari - April 2025

FENOMENA TAX MORALE PADA UMKM DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

Icha Erika Wati (Unknown)
Diyah Pujiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

UMKM memiliki peran yang signifikan dalam perekonomian saat ini, berkontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena tax morale di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut meliputi keadilan sistem pajak, kepercayaan kepada pemerintah, tarif pajak, dan literasi digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden pelaku UMKM yang berada di Surabaya Barat, khususnya di Kecamatan Sukomanunggal sebagai sampel penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan kepada pemerintah, tarif pajak, dan literasi digital memiliki pengaruh positif terhadap tax morale, sedangkan keadilan sistem pajak tidak menunjukkan pengaruh. Temuan ini menekankan perlunya peningkatan kepercayaan publik terhadap pemerintah dan penetapan tarif pajak yang adil untuk mendorong tingkat moralitas pajak di kalangan UMKM. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan kebijakan perpajakan yang lebih efektif dan inklusif untuk sektor UMKM.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...