Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung
2024: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung

Problem Based Learning (PBL): Studi Komprehensif Implementasi di Sekolah Dasar

Faisal Salim (Universitas Negeri Jakarta)
Agung Purwanto (Universitas Negeri Jakarta)
Erry Utomo (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menyajikan tinjauan komprehensif tentang implementasi model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. PBL merupakan pendekatan pembelajaran di mana siswa aktif terlibat dalam pemecahan masalah dunia nyata, berkolaborasi untuk merumuskan pertanyaan dan menemukan solusi, dengan tujuan mengembangkan pemahaman mendalam dan keterampilan berpikir kritis. Metode kajian literatur digunakan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, dan menganalisis sumber-sumber yang terkait PBL di Sekolah Dasar. Hasil kajian memberikan wawasan yang mendalam bagi pendidik, peneliti, dan pengambil kebijakan terkait efektivitas PBL dalam meningkatkan berbagai aspek pembelajaran siswa di SD. Temuan kajian ini menunjukkan bahwa model PBL memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, motivasi, berpikir lateral, kreativitas, hingga efikasi diri siswa. Kesimpulan penelitian memberikan wawasan tentang pentingnya PBL sebagai alternatif pembelajaran yang efektif, memberikan pengalaman belajar yang berarti, dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia nyata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

prosem

Publisher

Subject

Education

Description

Prosiding seminar nasional pendidikan FKIP Universitas Lampung merupakan media publikasi artikel-artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam kegiatan seminar nasional pendidikan yang dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Artikel-artikel yang dimuat dalam ...