Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 3 (2025): MARET 2025

PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERSONAL CARE WINGS PADA LION SUPERINDO PABUARAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Nurul Afrida (Unknown)
Dede Abdurohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Promosi secara parsial terhadap Keputusan Pembelian Produk Personal Care Wings pada Lion Superindo Pabuaran Cibinong Kabupaten Bogor. Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian Produk Personal Care Wings pada Lion Superindo Pabuaran Cibinong Kabupaten Bogor. Untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Produk Personal Care Wings pada Lion Superindo Pabuaran Cibinong Kabupaten Bogor.  Metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasinya adalah 8.017  konsumen, pengambilan sampel dapat menggunakan rumus slovin dengan taraf 10%, maka sampel adalah berjumlah 98 konsumen. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi ganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis, hasil perhitungan uji t variabel promosi (X1) dengan thitung sebesar 5,333 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (5,333 > 1.985) dan signifikansi dapat dinyatakan bahwa Promosi (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).  Berdarsarkan hasil perhitungan uji t variabel Kualitas pelayanan (X2) dengan thitung sebesar 6,828 dan signifikansi sebesar 0.000. Karena thitung lebih besar ttabel (6,828 > 1.985) dan signifikansi dapat dinyatakan bahwa Kualitas pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil di atas yakni uji ANOVA diperoleh nilai Fhitung sebesar 75.668 sedangkan Ftabel  (a 0,05) untuk n = 95 sebesar 2.70. Jadi Fhitung > dari Ftabel (a 0,05) atau 75.668 > 2.70, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa Promosi (X1), Kualitas pelayanan (X2) dan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...