Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 3 (2025): MARET 2025

LOYALITAS PELANGGAN COMMUTER LINE STASIUN SUDIMARA KOTA TANGERANG SELATAN YANG DIPENGARUHI OLEH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS YANG DI MEDIASI OLEH VARIABEL KEPUASAN PELANGGAN

Anisa Rahmawati (Unknown)
Syafieq Fahlevi Almassawa (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Stasiun Sudimara Kota Tangerang Selatan Yang Di Pengaruhi Oleh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Yang Di Mediasi Oleh Variabel Kepuasan Pelanggan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan Roa Purba dengan Margin of error 5% sebanyak 384 sampel. Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan Teknik Structural Equation Modeling Partial Least Square (SmartPLS). Hasil penelitian kuantitatif ini menunjukkan dari 7 hipotesis diterima,. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien jalur yaitu 0,317 dan nilai f square sebesar 0,108 dengan signifikansi 0,000. Fasilitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien jalur yaitu 0,335 dan nilai f square sebesar 0,021 dengan signifikansi 0,000. Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien jalur 0,260 dan nilai f square sebesar 0,074 dengan signifikansi 0,005. Fasilitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien jalur yaitu 0,287 dan nilai f square sebesar 0,089 dengan signifikansi 0,002. Kepuasan pelanggan (Y) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien jalur yaitu 0,223 dan nilai f square sebesar 0,056 dengan signifikansi 0,012. Kualitas Pelayanan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien jalur 0,071 dan nilai upsilon V sebesar 0,005 dengan signifikansi 0,023. Fasilitas melalui kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien jalur yaitu 0,075 dan nilai upsilon V sebesar 0,004 dengan signifikansi 0,028

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...