Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo
Vol 10, No 1 (2024)

PERAN LITERASI DIGITAL TERHADAP WIRAUSAHA MUDA: STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI JAKARTA

Retno Fuji Oktaviani (Universitas Budi Luhur)
Rinny Meidiyustiani (Universitas Budi Luhur)
Qodariah Qodariah (Universitas Budi Luhur)
Rachmat Arif (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

ABSTRAKIntensi berwirausaha di Indonesia masih tergolong rendah. Rendahnya kesadaran berwirausaha oleh generasi muda karena kurangnya literasi dan pendidikan yang mereka dapatkan. Sedangkan bagi generasi muda literacy digital mereka sudah menunjukkan perkembangan yang sangat tinggi. Penelitian ini ingin meneliti lebih lanjut faktor pendidikan formal dan nonformal dengan literasi digital sebagai moderasi dapat mempengaruhi intensi seseorang untuk berwirausaha serta dampaknya terhadap tindakan actual entrepreneurship. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui model path analysis. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Budi Luhur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formal education dan nonformal education dapat mempengaruhi intention entrepreneur dan intention entrepreneur dapat mempengaruhi seseorang untuk menjadi actual entrepreneur. Sedangkan digital literacy tidak dapat memoderasi formal dan informal education.Kata Kunci: Literasi Digital; Niat; Wirausaha; Pendidikan; ModerasiABSTRACTEntrepreneurial intention in Indonesia is still relatively low. The low awareness of entrepreneurship by the younger generation is due to the lack of literacy and education they get. Whereas for the younger generation, their digital literacy has shown very high development. This study wants to further examine the factors of formal and non-formal education with digital literacy as moderation can affect a person's intention to become an entrepreneur and its impact on actual entrepreneurship actions. This research uses a quantitative approach through a path analysis model. The population of this study were students of Budi Luhur University. The results showed that formal education and non-formal education can influence entrepreneurial intention and entrepreneurial intention can influence a person to become an actual entrepreneur. While digital literacy cannot moderate formal and informal education.Keywords: Digital Literacy; Intention; Entrepreneur; Education; Moderating

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurep

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Pembangunan dengan nomor ISSN 2339-1529 (cetak) dan 2580-524X (online) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Januari-Juni & Juli-Desember) oleh Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palopo. Jurnal Ekonomi ...