Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat
Vol 8, No 2 (2024)

PEMBERDAYAAN DAN PENERAPAN E- COMMERCE MENDORONG PERTUMBUHAN KELOMPOK SUTERA SURE SALAKA KABUPATEN PINRANG

Yusran Bachtiar (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE)
Nirwana Sampara (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Andi Wafiah (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Abdul Kadir (Universitas Ichsan Sidenreng Rappang)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Pemberdayaan masyarakat di area mitra masih belum mencapai potensi maksimal, yang berakibat pada pendapatan yang rendah. Di sisi lain, kelompok Sutera Sure Salaka, yang fokus pada produksi kain sutera, memiliki peluang signifikan untuk memajukan ekonomi lokal. Namun, terdapat beberapa tantangan, seperti kurangnya motivasi dan keterampilan pelaku usaha, kualitas dan kuantitas produksi yang rendah, kurangnya standarisasi produk, serta kurangnya pengetahuan dalam manajemen keuangan dan penggunaan teknologi informasi serta e-commerce. Solusi yang diusulkan meliputi peningkatan motivasi dan keterampilan pelaku usaha, pelatihan manajemen produk serta praktik produksi yang baik, pelatihan manajemen keuangan, strategi pemasaran melalui teknologi informasi dan e-commerce, serta sosialisasi. Workshop juga dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan SDM, keterampilan manajerial kewirausahaan, pengembangan produk, dan pendampingan dalam penggunaan teknologi informasi untuk pemasaran berbasis website e-commerce. Evaluasi manajemen usaha mitra menunjukkan bahwa pelatihan telah memenuhi harapan. Tingginya partisipasi mitra memberikan dampak positif pada program, meningkatkan motivasi dalam pelaksanaan kegiatan, pengetahuan pengelolaan keuangan, dan menghasilkan aplikasi e-commerce berbasis website yang kini dimanfaatkan oleh mitra untuk meningkatkan produksi.  Abstract. Community empowerment in the partner area has yet to reach its full potential, resulting in low income. On the other hand, the Sutera Sure Salaka group, which focuses on silk fabric production, has significant opportunities to advance the local economy. However, there are several challenges, such as the lack of motivation and skills of business actors, low production quality and quantity, lack of product standardisation, and lack of knowledge in financial management and the use of information technology and e-commerce. The proposed solutions include increasing the motivation and skills of business owners, training on product management and good production practices, financial management training, marketing strategies through information technology and e-commerce, and socialisation. Workshops were also conducted to improve motivation and human resource capabilities, entrepreneurial managerial skills, product development, and assistance in the use of information technology for e-commerce website-based marketing. Evaluation of partners' business management showed that the training had met expectations. The high participation of partners has a positive impact on the programme, increasing motivation in the implementation of activities, knowledge of financial management, and producing website-based e-commerce applications that are now used by partners to increase production.

Copyrights © 2024