Kompetensi pedagogi guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia SMA/SMK Kota Semarang mengalami stagnasi. Teknologi pembelajaran, utamanya teknologi kecerdasan artifisial (TKA) yang berpotensi mendorong keterampilan menulis peserta didik belum diintegrasikan dalam pembelajaran. Kendala yang ditemui, antara lain belum adanya praktik baik integrasi TKA dan kurangnya kemampuan guru dalam merancang pembelajaran menulis berbantuan TKA yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru dalam mengintegrasikan TKA pada pembelajaran menulis Kegiatan pelatihan dilaksanakan di ruang Laboratorium Bahasa SMK Negeri 2 Semarang, tanggal 17 September 2024. Kegiatan diikuti 31 guru bahasa Indonesia SMA/SMK Kota Semarang dari 26 instansi. Pengabdian dilaksanakan dengan metode (1) pelatihan integrasi TKA dalam pembelajaran menulis disertai simulasi dengan teknik pretest-posttest dan (2) pendampingan penyusunan rancangan pembelajaran menulis berbasis TKA yang menghasilkan produk Kumpulan modul ajar. Hasil kegiatan menunjukkan (1) upaya pelatihan berhasil memberi dampak positif bagi peningkatan kompetensi pedagogi guru sebesar 32,5% dari persentase pretest sebesar 61% menjadi 93,5% dan (2) dari hasil pendampingan, sebesar 61,3% peserta berhasil menyelesaikan penyusunan rancangan pembelajaran menulis berbantuan TKA. Simpulan kegiatan ini pelatihan dan pendampingan memberi manfaat berupa meningkatnya kompetensi pedagogi peserta, utamanya terkait pemanfaatan TKA dalam pembelajaran menulis. Saran diberikan kepada pengurus MGMP untuk secara berkala mengadakan pertemuan lanjutan untuk diskusi hasil implementasinya.
Copyrights © 2025