DEDIKASI PKM
Vol. 6 No. 1 (2025): DEDIKASI PKM UNPAM

Inovasi Pengembangan Produk dan Kemasan Dodol Jajanan Khas Desa Penglatan, Singaraja

Santiyasa, I Gede Karma (Unknown)
Putra, I Gede Juliana Eka (Unknown)
Artana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Produk dodol dari Desa Penglatan, Buleleng, adalah warisan kuliner tradisional dengan cita rasa khas dan potensi pengembangan. Startup Numbas Dodol menerima pendanaan hibah P2MW sebesar Rp. 13.700.000 dari Inkubator Bisnis Primakara. Awalnya, produk kami hanya diminati konsumen yang merayakan hari raya Hindu, dijual secara konvensional, dan kurang diminati konsumen muda karena bentuknya yang kurang praktis serta pemasaran terbatas. Numbas Dodol melakukan inovasi pengembangan produk dan kemasan untuk menarik minat konsumen muda dan pasar lebih luas. Kami menggunakan metode OKR (Objectives and Key Results) untuk memastikan keberhasilan, dengan Objectives: Pengembangan kemasan dan varian dodol sumping, dan 3 Key Results: 1. Pembuatan kemasan menarik dan terjangkau, 2. Uji organoleptik terhadap 20 orang dengan kepuasan minimal 85%, 3. Percobaan penjualan ke 40 orang dengan target 10 terjual. Hasilnya, terciptalah varian dodol sumping dan kemasan menarik, berhasil menarik konsumen muda usia 18-28 melalui media sosial, mendapatkan kepuasan di atas 85% dari 20 orang uji organoleptik, dan berhasil menjual 10 produk dari 40 orang yang diuji coba.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DKP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan ...