TEMALI : Jurnal Pembangunan Sosial
Vol. 6 No. 2 (2023): Temali: Jurnal Pembangunan Sosial

Kolaborasi Pegiat Literasi Lintas Bidang sebagai Upaya Memperkuat Eksistensi Perpustakaan

Anwar, Rully Khairul (Unknown)
Pratama, Adit (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian kali ini yaitu untuk mengetahui strategi kolaborasi di Perpustakaan Hayu Maca Cimahi. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, studi kepustakaan, observasi, dan dokumentasi. Model penelitian ini menggunakan model Collaborations as a Continuum yang dikenalkan oleh Weiber dan Erway pada tahun 2009 yang mana tahapan kontinum dapat dijadikan alat untuk mengevaluasi kolaborasi dan secara sadar kerjasama akan bergerak ke arah aktivitas yang tepat untuk ke jenjang. Informan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari 3 (tiga) orang yang diwawancara, ketiganya merupakan pengurus dan mitra Perpustakaan Hayu Maca. Hasil dari penelitian ini adalah perumusan kolaborasi dilakukan dengan mitra untuk sama-sama menetapkan pembagian tugas ataupun menunggu arahan dari mitra. Sebelum menjalankan kontak awal dengan mitra, biasanya Hayu Maca melakukan Feasibility Study untuk menentukan apakah calon mitra yang akan bekerjasama bisa memiliki komitmen dalam melanjutkan program yang nantinya akan menjadi pertimbangan apakah program kolaborasi akan dilanjutkan atau tidak. Perpustakaan Hayu Maca juga menerapkan beberapa standar yang ditetapkan kepada para calon mitra yang akan melaksanakan kolaborasi. Standar tersebut tidak jauh dari visi dan misi Perpustakaan Hayu Maca dan setelah melaksanakan program kolaborasi selalu dilakukan evaluasi tiga tahap.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

temali

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

TEMALI is an open-access and peer-reviewed journal published by the Department of Sociology of the Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. The objective of the journal is to promote the sharing of knowledge and understanding of the social development issues. This journal covers ...