AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 9 No 1 (2025): Februari

Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Berdasarkan Tingkat Persepsi dan Partisipasi Publik Masyarakat

Yanuarto, Wanda Nugroho (Unknown)
Hapsari, Ira (Unknown)
Purwanto, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penerapan pendidikan yang terjadi sekarang ini adalah pendidikan dengan mengedepankan teknologi dan diferensiasi. Dua pokok pemikiran ini yang menjadikan pendidikan berubah seiring waktu. Pendidikan merdeka belajar menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam menerapkan konsep baru dalam belajar peserta didik. Pendidikan tersistem ke dalam kebebasan peserta didik untuk belajar dan memaknai pembelajaran dengan tidak berbatas ruang dan waktu. Konsep kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum pendidikan di Indonesia yang harus diimplementasikan seluruh sekolah. Tujuan pelatihan kurikulum merdeka ini adalah sebagai tambahan informasi kepada para guru dalam melihat kurikulum merdeka secara mendalam. Pelatihan ini menggunakan metode presentasi, peer-teaching, class observation, dan evaluasi kinerja. Pelatihan ini menerapkan tiga Langkah, yaitu platform e-learning, innovation workshop, dan school-industry engagement. Hasil pelatihan ini mengindikasikan bahwa persepsi dan partisipasi publik masyarakat dapat dilihat dari tiga langkah di atas, yaitu bagaimana masyarakat dapat melihat penerapan kurikulum merdeka di sekolah. Berdasarkan tingkat persepsi dan partisipasi publik masyarakat terhadap penerapan kurikulum merdeka berada pada level sedang atau mereka cukup menerima secara positif perubahan paradigma pendidikan ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Axiologiya

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aksiologiya merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian. Artikel merupakan hasil dari IbM, IbW, IbPE, IbIKK, atau pengabdian lainnya yang berasal dari non ...