Media pembelajaran merupakan salah satu alat komunikasi yang bertujuan untuk memperlancar proses pembelajaran dan mengoptimalkan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Squishy dapat dikembangkan menjadi alat peraga payudara alternatif dalam kegiatan praktikum di laboratorium keperawatan. Peneliti menggunakan metode Research and Development atau Research and Development (R&D), pengembangan yang akan dilakukan peneliti adalah pengembangan produk yang sudah ada dengan inovasi baru. Peneliti menggunakan rancangan Skema Borg and Gall Steps, yaitu Penelitian dan Pengumpulan Data, untuk Diseminasi dan Implementasi. Hasil penelitian kuantitatif adalah (1) Squishy sebagai alternatif alat peraga payudara, (2) validitas alat peraga payudara yang meliputi ahli materi sangat valid, dan ahli media cukup valid, dengan nilai rata-rata uji ahli sangat valid. Sedangkan dari hasil uji coba lapangan, penilaian mahasiswa sangat baik, dan dosen baik. Secara kualitatif diperoleh 3 tema yaitu (1) Media Pendukung Proses Pembelajaran, (2) Bentuk dan Standar Payudara: Fisiologis dan Patologis, (3) Ekonomis dan Efisien. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Squishy dapat digunakan sebagai salah satu alternatif alat peraga payudara dalam kegiatan belajar mengajar di laboratorium dan dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran.
Copyrights © 2025