Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 8 No 6 (2024): Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan

Pengaruh penggunaan dan respons Chatbot terhadap kepuasan konsumen e-commerce: Nilai ekstrinsik sebagai mediasi

Takaria, Zifora Yanesya (Unknown)
Tjokrosaputro, Miharni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

This study explores the impact of chatbot usage and response on the extrinsic value of the online customer experience and its effect on e-commerce customer satisfaction. The results of this study indicate that Chatbot usage has a significant positive effect on extrinsic value. Chatbot response has a considerable positive impact on extrinsic value. Extrinsic value has a significant positive effect on customer satisfaction. Based on these conclusions, e-commerce companies should continue to develop the Chatbot that has been implemented to facilitate online shopping for customers. Chatbot must be responsive, fast, informative, personal, engaging, and able to solve customer issues. These factors can enhance satisfaction and strengthen relationships with customers. The data analysis method used in this study is the SEM-PLS analysis method. This research uses a quantitative method with numerical data collected through questionnaires, which are then processed using the SmartPLS software. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan dan respons Chatbot terhadap nilai ekstrinsik dari pengalaman konsumen online serta dampaknya terhadap kepuasan konsumen e-commerce. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan Chatbot berpengaruh positif signifikan terhadap nilai ekstrinsik. Respons Chatbot berpengaruh positif signifikan terhadap nilai ekstrinsik. Nilai ekstrinsik memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan kesimpulan tersebut, perusahaan e-commerce sebaiknya terus mengembangkan Chatbot yang sudah diimplementasikan agar dapat terus untuk memudahkan pelanggan ketika berbelanja online. Chatbot harus responsif, cepat, informatif, personal, dan menarik, serta dapat memberikan solusi bagi masalah yang dimiliki oleh konsumen. Hal-hal tersebut dapat meningkatkan kepuasan dan memperkuat hubungan dengan konsumen. Metode analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode analisis SEM-PLS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data numerik yang dikumpulkan melalui kuesioner dan kemudian diolah dengan perangkat lunak SmartPLS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmbk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (E-ISSN: 2598-0289) is a peer-reviewed journal, which provides a forum for publishing scientific articles in management and business field, including genuine research result, novel scientific review, and critics or comments about management nowadays. Jurnal ...